http://i55.tinypic.com/1262osp.jpg keamanan fb

ADI AGEN RESMI CMP

ADI AGEN RESMI CMP

Sabtu, 17 Desember 2011

keamanan fb


TIPS AGAR FACEBOOK AMAN DARI HACK

Ini adalah beberapa tips agar supaya akun facebook anda tidak dibajak atau dijebol (hack), sebenarnya mudah dan sangat simple, dan bagi anda sebagai pengguna (user) yang menggunakan handphone harap segera di setting akunnya di komputer, supaya lebih jelas dan leluasa untuk men-setting akunnya.

Profil

Jangan menampilkan seluruh informasi profil anda, diantaranya dalam Basic Information, Personal Information dan Contact Information, terutama Email Address, IM Screen dan Website. (Termasuk di dalam Group yang anda buat).

Alamat Email

Disarankan alamat email tidak ditampilkan pada profil anda. Caranya: Pilih Settings lalu klik Privacy Settings, lalu pilih menu Profile, kemudian pilih Contact Information, kemudian di drop down menu IM Screen Name dan Email Screen Name di ubah menjadi “no one“.

Password

Untuk password disarankan tidak sama dengan password email, dan minimal 10 karakter (numerik dan alphanumerik). Contoh: webku456987oke. Kenapa password harus seperti itu?, karena dengan format seperti itu akan mempersulit si pembajak untuk mengacak password anda dan jangan sekali-kali anda memakai password tanggal lahir.

Website

Inilah cara yang ketiga oleh si pembajak lakukan guna mencari alamat email anda, karena jika anda menyertakan alamat website pribadi anda seperti Multiply, Blogger, WordPress, Friendster, Twitter, Plurk dan yang lainnya, si pembajak sangat pintar dan banyak akal untuk mencari email anda. Untuk itu jika anda memiliki website dan menyertakannya di Facebook harap jangan menampilkan alamat email di website pribadi anda.

Periksa selalu privacy setting di facebook

Ini sangat penting, karena disini tempat mengatur siapa saja yg bisa melihat facebook kita, apa yang di tampilkan di profile kita. dan banyak lagi. telitilah dengan seksama.



Buat data profile palsu

Bagi kamu yang suka bermain game atau menggunakan aplikasi dari pihak ketiga lainnya di facebook. Gak ada ruginya buat facebook baru khusus untuk menggunakan aplikasi, karena ketika kita masuk kesuatu aplikasi ini bearti kita bersedia memberikan informasi pribadi kita ke pihak ketiga tersebut.



Jangan sampai kelepasan dalam mengupdate status.

Ini juga sangat penting, perlu di ingat ketika kita mengupdate status teman kita di facebook akan bisa membaca. Jadi sebaiknya berhati-hati dalam mengupdate status jangan sampai mengupdate sesuatu yang bisa berdampak negatif pada diri kita.



Bermain aman di warnet

jika anda membuka facebook di warnet silahkan anda gunakan Notepad dan kalkulator sebagai pengganti virtual key [mencegah hacker yang menggunakan keyloger sebagai media pencurian password]

caranya:

jika password anda menggunakan angka (0-9)

misal password anda adalah: 17081945

pada aplikasi kalkulator silahkan anda klik angka dengan menggunakan mouse anda (karena pergerakan mouse tidak akan ter-record oleh keyloger)

kemudian kopast di bagian password.

paduan antara angka (0-9), huruf (a-z) dan karakter (!@#$%^ dan seterusnya)

silahkan anda ketikkan key huruf yang ada pada notepad secara acak. Kemudian copaz hanya huruf-angka- dan simbol yg anda pakai sebagai password, ke bagian password.

Tutup akun anda

Selalu ingat untuk menutup (sign out) akun anda setiap kali anda akan meninggalkan warnet.

Kemudian disarankan untuk menghapus cache/clear private data pada browser yang anda gunakan.



Terakhir Pastikan anda bermain facebook, di warnet yang aman dari para hacker dan menjamin bahwa warnet tersebut tidak memiliki spyware/programhack yang bisa dipakai untuk menghack akun anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar